Diecast Bukan Hanya untuk Anak Tapi juga Digemari Orang Dewasa 2

Minggos Tantalun | Selasa, November 15, 2011 | ,

Bagi anda yang masih bingung apa itu diecast, tenang saja karena saya akan jelaskan dulu apa itu diecast. Menurut info yang saya dapat, diecast sebenarnya berasal dari kata “die casting” yang berarti pembuatannya dengan cara melelehkan/meleburkan logam lalu dituang ke cetakan (cara pengecoran).
Jadi, apapun jenis barang yang proses pembuatannya dilakukan dengan cara itu dapat disebut diecast metal. Sedangkan pada kenyataannya istilah diecast lebih dikenal sebagai sebutan untuk mainan replika kendaraan (seperti mobil-mobilan, motor, pesawat terbang, kereta api, kendaraan alat berat). Kalau tidak percaya, buka aja situsnya paman Google lalu ketikkan “diecast” pada kolom pencarian. Coba lihat hasilnya, pasti berkaitan dengan mainan mobil-mobilan, motor, dan sejenisnya.
Nah, kali ini saya ingin membahas fenomena menjamurnya penghobi diecast di Indonesia. Rupanya, mainan berupa replika mobil-mobilan, motor, pesawat, dan sejenisnya tak lagi hanya digemari anak-anak. Banyak orang dewasa yang sudah menjadi penggemar berat atau menjadi kolektor diecast ini (termasuk saya, hehehe). Buktinya sebagian besar pembeli diecast di toko-toko mainan merupakan remaja dan orang dewasa. Tak sedikit dari mereka yang rela merogoh koceknya lebih dalam hanya untuk membeli diecast yang disukainya. Tentunya tidak sembarangan mainan mobil-mobilan yang diburu oleh para penggemar diecast. Ada beberapa kriteria yang mereka perhatikan. Biasanya diecast yang diburu oleh mereka merupakan replika yang berbahan utama logam/metal, mirip dengan bentuk aslinya, proporsional, detail, finishing yang halus, dan yang paling diburu adalah yang langka di pasaran.
Mungkin ada yang bertanya apa sih yang membuat para penggemar diecast begitu menyukai mainan ini. Saya sendiri tidak tahu jelas alasan pastinya, menurut info kebanyakan dari mereka mengaku mendapat kepuasan tersendiri dengan memiliki diecast yang dipilihnya. Saya sendiri merasakan suatu ketenangan dan kepuasan tersendiri saat melihat-lihat diecast koleksi pribadi saya ini. Bahkan dengan melihat-lihat koleksi diecast dapat membantu meringankan pikiran saya saat stress. Itulah yang membuat saya sangat tertarik dengan diecast ini.
Ada banyak jenis dan merk diecast yang biasa diburu kolektor, di antaranya merk HotWheels, Tommyca, Matchbox, Welly, Jada Toys, Cararama, Kinsmart, Rastar, Newray, dll. Tiap merk tersebut mempunyai karakter tersendiri. Sering juga merk-merk tersebut meluncurkan produk diecast dengan jumlah sedikit (limited), nah yang begini ini yang peling diburu para penghobi yang berduit. Maklum, harga untuk diecast limited edition biasanya melambung tinggi jauh beberapa kali lipat dari produk reguler mereka. Tapi bagi penggemar diecast dengan kocek pas-pasan (seperti saya) umumnya lebih memilih diecast reguler yang harganya tidak terlalu menguras dompet. Biar murah yang penting masih bisa membuat hati tenang dan puass..hehe.
Semakin banyaknya penghobi die cast ini memicu munculnya komunitas diecast di berbagai daerah/kota. Anggotanya mayoritas anak remaja dan orang dewasa. Biasanya seminggu sekali mereka berkumpul di suatu tempat untuk bercengkrama dengan sesame penghobi, bertukar info tentang diecast, utak-atik diecast, bahkan sampai transaksi jual beli diecast baru&bekas.
Nah, jadi siapa bilang diecast hanya sekedar mainan untuk anak-anak? Orang dewasa pun juga boleh menikmatinya. Bagi anda yang mungkin juga tertarik mengoleksi diecast, saya punya penawaran produk diecast (mulai dah promosinya…hehehe). Blog mbahming punya beberapa diecast menarik yang cukup terjangkau. Lebih jelasnya bisa dilihat di menu “Jual Replika Kendaraan” atau langsung saja klik disini. Silahkan lihat-lihat dulu barangkali anda berminat..;).

2 Responses So Far:

Ian_smapa mengatakan...

kunjungi minimotosmg.yukbisnis,com tersedia macam" diecast motor dan vespa ;)
Hub.Ian : 085740119953 atau invite 310283A0

adha kenang mengatakan...

ijin copas ya gan,,,,
keren nih

Tinggalkan komentar anda pada kolom berikut.

 
Mbah Ming Copyright © 2010 Prozine Theme is Designed by Lasantha Home | RSS Feed | Comment RSS