Rabu, 25 Maret 2009

Menghubungkan 2 Komputer via LAN

Kita dapat bertukar data antar komputer atau mengakses komputer lain dari komputer anda dengan menggunakan jaringan LAN. Untuk menghubungkan 2 unit komputer yang berbeda dengan menggunakan kabel LAN, caranya cukup mudah. Pertama yang harus disiapkan adalah komputer yang support LAN dan kabel UTP lengkap dengan connectornya. Settingan kabel yang digunakan disini adalah settingan "peer to peer", dimana tiap komputer dapat berkomuikasi secara langsung tanpa melalui server. Untuk panjang kabel, sesuaikan saja dengan kebutuhan. Setelah siap, colokkan masing2 connector kabel ke colokan LAN pada masing2 komputer. Untuk langkah selanjutnya akan diurai di bawah ini:


1. Setting IP masing2 komputer dengan cara buka Control Panel>Network Connection. Maka akan muncul Local Area Connection.
2. Klik kanan Local Area Connection tersebut, pilih Properties maka akan muncul jendela Local Area Network.



3. Pilih tab General, kemudian pilih Internet Protocol (TCP/IP) pada bagian This Connection uses the following items.



4. Klik Properties lalu kita atur IP address, subnet mask, default gateway, dan DNS pada jendela Internet Protocol (TCP/IP).
5. Angka subnet mask, default gateway, dan DNS bisa dibuat sama pada masing2 komputer. Sedangkan khusus untuk IP address harus dibuat berbeda tiap komputer pada digit terakhir.


Oh ya, nama workgroup masing2 komputer juga harus disamakan. Secara default, nama workgroup untuk windows XP adalah WORKGROUP/MSHOME. Jika ingin tetap menggunakan nama ini pastikan komputer yang satu juga memakai nama workgroup yang sama. Apabila anda ingin merubah dengan nama lain, anda bisa melakukan hal berikut pada masing2 komputer:

1. Membuka Control Panel>Network Connetctions>Set up or change your home or small office network.



2. Klik Next hingga muncul kolom pilihan connection method (sesuaikan dengan keadaan anda, jika jika tidak terhubung ke internet pilih other) kemudian Next.



3. Lakukan hal yang sama pada halaman other internet connections method. Jika tidak terhubung ke internet pilih bawah sendiri kemudian Next.



4. Isikan Computer description dan Computer name sesuai keinginan anda (masing2 komputer berbeda) kemudian Next.



5. Tentukan nama workgroup sesuai dengan keinginan anda (masing2 komputer harus sama, klik Next.



6. Turn on printer sharing jika ingin mengaktifkan printer sharing dalam jaringan, jika tidak maka pilih sebaliknya. Klik Next.
7. Ikuti perintah selanjutnya hingga muncul halaman You're almost done. Pilih Just finish the wizard: I don't run......on this computer. Klik Next



8. Klik Finish.
9. Restart komputer anda untuk melihat perubahan.

0 komentar :

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda pada kolom berikut.