Minggu, 15 Februari 2009

Meminimalisir Pembobolan Password oleh Hacker

Berkelana di dunia maya (internet) memang mengasyikan. Banyak layanan yang bisa kita dapatkan melalui internet. Beberapa layanan tersebut seringkali mewajibkan kita untuk memiliki akun yang bisa diakses dengan username dan password. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan akun oleh pihak lain yang tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, pada zaman sekarang dunia internet tidak terlepas dari adanya hacker yang dapat mengancam keselamatan akun2 kita. Anda tentu tidak mau jika e-mail, blog atau bahkan rekening online anda dibobol hacker kan? Disinilah pentingnya kehati-hatian dalam pengelolaan password.


Pertama, gunakanlah password yang kuat dan tidak mudah ditebak biarpun oleh orang dekat. Password yang kuat adalah password yang memiliki kombinasi huruf besar, kecil, karakter, dan angka. Semakin panjang digit/karakter password maka akan semakin kuat password tersebut. Password jangan sampai mengandung kata-kata yang umum ataupun kombinasi tanggal lahir anda. Hacker biasanya mencoba membobol password dengan memncoba seluruh kata yang umum dipakai dan yang tercakup di kamus atau menebak dengan dasar kombinasi tanggal lahir pemilik password. Ada banyak cara bagi hacker untuk mengetahui tanggal lahir anda.

Kedua, ingat baik-baik password yang anda buat. Jika anda terpaksa menulis/menyalin password ke media seperti kertas atau file notepad, simpan dengan baik kertas atau file tersebut. Jangan sampai jatuh ke tangan orang lain.

Ketiga, jika anda sedang online di internet dan ingin masuk ke akun penting seperti e-mail, blog, atau rekening online, ada baiknya anda tidak memasukkan password dengan cara mengetik di keyboard sebab biasanya hacker yang akan mengincar anda menggunakan "keylogger" untuk membaca history dari tombol keyboard yang telah ditekan di komputer korban. Anda bisa menggunakan fasilitas On Screen Keyboard untuk menghindari pengintaian melalui "keylogger" ini, atau anda bisa saja membuka file notepad berisi username dan password yang telah anda buat sebelumnya kemudian copy paste password dari file tersebut ke kolom password akun anda.

Keempat, jangan lupa logout/sign out akun anda jika anda telah selesai berurusan dengan akun anda. Ada baiknya sekalian bersihkan history internet anda untuk mencegah orang lain tahu alamat mana saja yang telah anda buka.
Semoga tips ini dapat membantu keamanan akun anda.

1 komentar :

Tinggalkan komentar anda pada kolom berikut.